Selasa, 18 April 2017

Inilah 6 Tips Penting Liburan Bersama Keluarga

Tags

Hallo semua, kesibukan sehari-hari terkadang membuat kita tidak memiliki waktu banyak untuk keluarga. Saking sibuknya, tanpa kita sadari kita kerap abai dengan harta paling berharga yakni keluarga dan sahabat. Bersenang-senang menemani anak-anak dan pasangan adalah salah satu hal yang harus dilakukan agar kita terus semangat menjalani rutinitas kerja.

Untuk itu sebaiknya siapkan waktu liburan khusus dan Nikmatilah hidup bersama anak dan pasangan tanpa memikirkan pekerjaan. Agar maksimal saat berlibur bersama keluarga ada beberapa hal yang harus diperhatikan berikut tips pentingnya apa saja simak berikut ini.


1. Memilih Destinasi Wisata yang Pas
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah destinasi wisata yang pas, untuk semua anggota keluarga. Meskipun pun sebuah tempat tujuan wisata sangat populer,  belum tentu cocok lho dengan anggota keluarga yang lain misalnya Kawah Ijen, wisata alam yang terletak di Banyuwangi ini sudah sangat populer di media sosial namun akan ada resiko jika kita membawa anak berumur dibawah 5 tahun ke daerah ini.

Carilah destinasi wisata yang kira-kita bisa dinikmati orang tua dan anak-anak. Misalnya di Yogyakarta kita dapat menemukan sepeda atau kendaraan wisata berlaku di malam hari, Anda senang anak gembira.

2. Menyusun Kegiatan dan Tempat Wisata


Apabila telah menemukan destinasi, susun kegiatan-kegiatan dan tempat wisata yang akan dikunjungi di kota tujuan liburan anda. Dalam 1 keluarga pasti memiliki minat yang berbeda, semua harus bisa bermusyawarah memilih destinasi wisata yang bisa dinikmati semua anggota.Jangan sampai hiburan keluarga berantakan karena ayah, ibu atau anak saja yang menikmati.

Misalnya semua anggota keluarga suka mencoba kuliner-kuliner yang ada di kota untuk dikunjungi atau semua anggota keluarga menyukai seni dan budaya, maka tempat-tempat wisata yang berbau seperti museum dan galeri.

3. Dahulukan Kebutuhan Anak

Namanya liburan semua harus bisa menikmati, namun kebutuhan anak harus didahulukan karena orang dewasa lebih mudah beradaptasi. Misalnya jika biasanya anak harus tidur siang maka jadwal liburan pun harus diperhatikan. Jangan sampai kasihkan berwisata sang anak menjadi lupa beristirahat sehingga sakit.

Perhatikan juga perlengkapan anak-anak seperti perlengkapan mandi, makanan, dan obat-obatan. Karena tidak semua restoran dan penginapan yang dikunjungi menyediakan kebutuhan khusus untuk anak. Kemudian siapkan juga beberapa permainan dari rumah untuk berjaga-jaga jika anak-anak tiba-tiba bosan jalan

4. Utamakan Komunikasi dan Interaksi
Tidak salah jika ketika liburan kita belajar bersosialisasi dengan penduduk di daerah yang berbeda dengan tempat tinggal kita. Ini juga bisa melatih anak-anak untuk lebih peduli dengan masyarakat, selain itu seluruh anggota juga harus bisa memanfaatkan liburan ini dengan berkomunikasi satu sama lain.

Usahakan gadget-gadget yang menghubungkan kita dengan media sosial ditinggalkan sejenak. Manfaatkan momen  iburan keluarga, untuk lebih jelas dan personal antar anggota keluarga. Gadget bisa digunakan untuk mengabadikan momen-momen liburan.

5. Libatkan Semua Orang

Selain komunikasi semua anggota keluarga harus berperan dalam liburan ini, jangan ada yang pasti. Karena itu kita harus mencari kegiatan yang bisa menghasilkan aksi yang aktif dan kerjasama melibatkan keluarga. Outbound misalnya, mungkin bisa menjadi salah satu kegiatan seru yang melibatkan semua orang.
Selain itu, selama liburan bisa berbagi tugas misalnya ada yang tugasnya mengabadikan moment, belanja kebutuhan di jalan, menanyakan arah, atau tugas yang lain.

6. Persiapkan Penginapan Sejak Awal

Liburan panjang pasti membutuhkan penginapan,  jika kita memutuskan untuk berlibur di musim liburan biasanya hotel-hotel bagus dengan harga terjangkau masih banyak meminatinya. Hampir semua orang ingin menginap di hotel yang sama, karena adanya agar tidak kehabisan kamar, maka kamu bisa melakukan booking terlebih dahulu dengan Traveloka.

Traveloka, aplikasi booking tiket pesawat dan hotel nomor satu di Indonesia akan membantu kamu merencanakan liburan keluarga sejak awal. Kamu bisa booking hotel kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan Traveloka F, hemat waktu dan energy tentunya.

Demikian 6 tips penting ketika berlibur bersama keluarga yang bisa kami berikan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon